Selasa, 01 Mei 2018

ARTIKEL BIOLOGI TEORI EVOLUSI MENURUT PANDANGAN AGAMA HINDU DAN PARA AHLI


PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG

Lingkungan hidup yang ada di bumi ini tanpa disadari telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Seiring dengan perubahan pada lingkungan terjadi pula perubahan yang dialami oleh makhluk hidup. Perubahan – perubahan pada makhluk hidup diperlajari dari jaman ke jaman dalam suatu teori disebut teori evolusi. Telah banyak teori yang telah dikemukakan oleh para ahli mengenai asal-usul berbagai makhluk hidup yang ada di dunia dan banyak pendapat mereka menjadi fondasi teori evolusi. Teori evolusi menjadi tenar saat dikemukakan oleh Charles Darwin seorang berkebangsaan Inggris (1809-1882). Teori evolusi masih dipertentangkan hingga saat ini. Awalnya banyak teori yang telah dikemukakan oleh para ahli, namun belum ada satu teoripun yang mampu membuktikkan tentang semua fakta dan fenomena sejarah perkembangan makhluk hidup. Oleh karena itulah penulis ingin membandingkan mengenai teori evolusi dari sudut pandang Agama Hindu, karena evolusi manusia berkaitan dengan aspek awatara menurut ajaran Agama Hindu. Dari hal tersebut dapat dikatakan sains merupakan bagian dari agama. Dengan cara ini penulis dapat menbandingkan dan menghubungkan teori evolusi manusia menurut pandangan para ahli dan Agama Hindu.

B.       RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana pandangan para ahli mengenai evolusi manusia ?
2.      Bagaimana pandangan Agama Hindu mengenai evolusi manusia ?
3.      Teori evolusi siapkah yang paling terpecaya ?


PEMBAHASAN

A.      PANDANGAN PARA AHLI
Pada dasarnya teori evolusi muncul sebagai salah satu jalan untuk mencari tahu asal mula makhluk hidup. Berikut akan dibahas mengenai teori tersebut.
1.      Menurut Charles Darwin (1809-1882)
Selama lima tahun Darwin menjelajahi beberapa belahan dunia. Di dalam perjalanannya itu, Darwin sangat takjub dengan adanya beragam spesies burung finch dan kura-kura raksasa di Kepulauan Galapagos (suatu kepulauan terletak di sebelah barat daratan Amerika Selatan). Burung-burung itu memiliki kemiripan satu sama lain, hanya paruhnya yang berbeda karena faktor makanannya yang berbeda dan kura kura yang memiliki cangkang yang berbeda karena perbedaan habitat. Dari hal ini Darwin memperoleh ide tentang evolusi yang didasarkan atas pokok pikirannya yaitu :
a.       Adanya variasi makhluk hidup
b.      Setiap populasi berkecenderungan bertambah banyak (berkembang biak)
c.       Suatu individu hrus berjuang mempertahankan hidup agar mampu berkembang biak karena harus membutuhkan makan dan ruang yang cukup
d.      Pertambahan populasi tidak berjalan terus menerus karena adanya seleksi alam
Jadi menurut teori Evolusi Darwin: Manusia berasal dari makhluk paling sederhana yang telah mengalami perubahan- perubahan bentuk dan sifat selama berjuta-juta tahun.
2.      Menurut Charles Lyell (1797–1875)
Dalam bukunya yang berjudul Principles of Geology, lyell berpendapat bahwa bumi mengalami perubahan terus-menerus, sehingga hal ini menyebabkan adanya variasi karena pengaruh alam
3.      Menurut Thomas Malthus (1766-1835)
Dalam bukunya yang berjudul The Principles of Population yang terbit pada tahun 1798, mengatakan bahwa  bahwa populasi tumbuhan dan hewan (termasuk manusia) cenderung mengalami peningkatan secara geometri, sedangkan persediaan pangan cenderung meningkat secara aritmatis. Keadaan ini mengakibatkan pangan yang tersedia lebih sedikit daripada yang membutuhkan. Akibatnya, terjadilah perebutan makanan di antara makhluk hidup yang memiliki jenis makanan yang sama.
4.      Menurut Teori Evolusi Biologi
Makhluk hidup pertama merupakan hasil evolusi molekul anorganik (evolusi kimia) yang akhirnya berkembang menjadi struktur kehidupan (sel).
5.      Menurut J.B. de Lamarck (1744–1829).
Lamarck mengemukakan teorinya yang dikenal dengan paham ”digunakan dan tidak digunakan”, dalam bentuk postulat sebagai berikut.
a.       Semua organisme mempunyai kemampuan menjadi organisme yang lebih kompleks.
b.      Organisme dapat berubah sebagai respon terhadap lingkungan.
c.       Organ tubuh makhluk hidup yang sering digunakan akan ber- kembang terus, sedangkan organ yang tidak sering digunakan akan mengalami atropi (penyusutan) dan bahkan mereduksi (hilang).
Selain itu, menurut Lamarck, makhluk hidup mewariskan sifat- sifat yang diperoleh selama hidupnya dari satu generasi ke generasi berikutnya sehingga terjadilah evolusi. Dalam bukunya yang berjudul Philosophie Zoologique , Lamarck menjelaskan tentang evolusi jerapah.
B.       PANDANGAN AGAMA HINDU
Agama hindu mengenal adanya Dasa Awatara yang diyakini sebagai penjelmaan Dewa Wisnu dalam misi penyelamatan dunia. Apabila dikaji secara sains dan ilmiah, konsep awatara memiliki banyak makna dan filsafat yang dapat dikaji. Filsafat Dasa Awatara menunjukkan adanya perkembangan kehidupan dan peradaban manusia yang ada di bumi. Setiap Awatara merupakan lambang dari setiap perkembangan jaman yang terjadi. Berikut beberapa Awatara dan maknanya :
1.    Matsya Awatara
Kehidupan yang terjadi pertama kali di bumi berawal dari air yaitu berwujud ikan
2.                Kurma Awatara
Memiliki makna bahwa adanya perkembangan lebih lanjut dari peralihan hewan air menjadi hewan darat. Artinya ada perkembangan lebih lanjut, munculnya hewan amphibia, yaitu berwujud kura-kura.
3.                Wahara Awatara
Memiliki makna bahwa terjadi kehidupan yang lebih lanjut terjadi di darat, yaitu berwujud babi hutan.
4.                Narasimha Awatara
Mengandung makna bahwa dimulainya evolusi mamalia. Wujud dari Narasimha Awatara adalah manusia berkepala singa.
5.                Wamana Awatara
Melambangkan perkembangan makhluk yang disebut manusia namun belum sempurna, yaitu berwujud manusia cebol.
6.                Parashurama Awatara
Melambangkan terjadinya perkembangan manusia ke tingkat yang lebi tinggi yang berwujud Rama bersenjata kapak.
7.                Rama Awatara
Melambangkan sudah mulai terjadinya peradaban manusia untuk memulai pemerintahan. Rama Awatara berwujud sebagai sang ksatria.
8.                Krishna Awatara
Melambangkan terjadinya kecakapan hidup manusia yang lebih kompleks yang memajukan peradaban manusia, yang mahir dalam pengetahuan dan kesenian. Berwujud sebagai Putra Wasudewa.
9.                Budha Awatara
Melambangkan terjadinya kemajuan di bidang sosial dalam hubungan manusia. Berwujud Pangeran Siddharta Gautama.
10.                 Kalki Awatara
Diramalkan akan turun kedunia pada saat akhir zaman kali yuga, berwujud seorang ksatria dengan membawa pedang terhunus dan menunggangi kuda putih.

Berdasarkan data di atas dapat dijelaskan antara konsep ilmiah dengan konsep agama pada bidang-bidang tertentu terdapat kesamaan konsep yang sejalan.konsep evolusi sebagai salah satunya merupakan kajian yang dapat dijelaskan dari sisi agama, khusunya Agama Hindu. Filsafat awatara yang diyakini oleh umat Hindu ternyata memiliki konsep ilmiah yang menjelaskan proses terjadinya kehidupan paling awal  sampai dengan saat ini yang bersifat progresif. Apabila dikaji dari teori evolusi, pemikiran evolusi yang hampir kena adalah pemikiran dari Lammarck. Teorinya mengatakan bahwa di bumi mula-mula timbul makhluk hidup yang sederhana kemudian dalam tempo waktu yang panjang timbullah jenis makhluk yang hidup sampai sekarang. Teori evolusi menganggap bahwa manusia sebagai akhir evolusi. Dari segi agama hindu awatara yang terkahir adalah Kalki Awatara, pernyataan ini sangat sejalan dengan teori evolusi yang menyatakan bahwa manusia merupakan akhir evolusi. Secara ilmiah memang benar bahwa kehidupan yang pertama terjadi di dalam air (laut). Pernyataan ini sangat sejalan dengan pemikiran Hindu bahwa awatara yang pertama adalah Matsya Awatara.

C.      TEORI YANG DIPERCAYA
1.      Teori Charles Darwin (1809-1882)
a.       Adanya variasi makhluk hidup
b.      Setiap populasi berkecenderungan bertambah banyak (berkembang biak)
c.       Suatu individu hrus berjuang mempertahankan hidup agar mampu berkembang biak karena harus membutuhkan makan dan ruang yang cukup
d.      Pertambahan populasi tidak berjalan terus menerus karena adanya seleksi alam
Darwin telah mencetuskan teori evolusi yang banyak terbukti mapan menghadapi pengujian ilmiah, maka teori evolusi akhirnya banyak diasosiasikan kepada Darwin. Sampai saat ini, teori Darwin mengenai evolusi yang terjadi karena seleksi alam dianggap oleh mayoritas komunitas sains sebagai teori terbaik dalam menjelaskan peristiwa evolusi.

2.      Teori J.B. de Lamarck (1744–1829)
a.       Semua organisme mempunyai kemampuan menjadi organisme yang lebih kompleks.
b.      Organisme dapat berubah sebagai respon terhadap lingkungan.
c.       Organ tubuh makhluk hidup yang sering digunakan akan ber- kembang terus, sedangkan organ yang tidak sering digunakan akan mengalami atropi (penyusutan) dan bahkan mereduksi (hilang).
Lamarck menyatakan bahwa evolusi merupakan hasil dari tekanan lingkungan terhadap sifat suatu hewan, yang berarti semakin sering suatu organ digunakan, semakin kompleks dan efisien organ itu, sehingga membuat hewan beradaptasi dengan lingkungan. Lamarck juga meyakini bahwa sifat yang didapat ini dapat diturunkan ke generasi berikutnya, yang akan terus mengembangkan dan menyempurnakannya.
Perbandingan Teori Lamarck dan Darwin
Sumber : biomagz.com

KESIMPULAN

            Evolusi adalah perubahan – perubahan pada makhluk hidup dipelajari dari jaman ke jaman dalam suatu teori disebut teori evolusi. Menurut pendapat para ahli dan menurut pandangan Agama Hindu mengenai evolusi dapat dsimpulkan bahwa konsep ilmiah dengan konsep agama pada bidang- bidang tertentu memiliki kesamaan konsep yang sejalan. Filsafat Awatara yang diyakini oleh umat Hindu memiliki kesamaan dengan konsep ilmiah yang menjelaskan proses terjadinya kehidupan paling awal sampai dengan saat ini. Kesamaan konsep yang sejalan antara lain manusia merupakan akhir dari evolusi, akan adanya perubahan makhluk hidup dari jaman ke jaman, dan kehidupan yang pertama terjadi di dalam air.




DAFTAR PUSTAKA

Sumber dari Buku :
Sembiring, Langkah dan Sudjino.2009.Biologi Kelas XII Untuk SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan.

Sumber dari Internet :
Bayu. 2013. “Teori Evolusi Menurut Agama Hindu”.http://h34lthy.blogspot.co.id/2013/01/teori-evolusi-menurut-agama-hindu.html?m=1. diakses 20 januari 2018.
Kaaffah. 2015. “2 Teori Yang Paling Terkenal”.http://kaaffah.xyz/teori-evolusi/.
           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar